TOP NEWS

Disini Kami akan membantu Anda dalam mendapatkan Berita tentang Teknologi yang sedang Berkembang

Perawatan Komputer Secara Rutin


Selama ini Anda menggunakan komputer dengan wajar, tidak pernah utak atik. Tapi kenapa komputer Anda tetap jadi lambat? Jawabnya, mungkin Anda atau pengguna lainnya jarang atau tidak pernah melakukan perawatan komputer.



Lalu apa saja yang harus Anda lakukan untuk merawat komputer?

1. Bersihkan file-file sampah
Setiap kali Anda mengunjungi sebuah website, menjalankan aplikasi tertentu, menginstall aplikasi, uninstall aplikasi, dll, komputer akan membuat file temporer (temporary file).
Untuk menghapus file-file sampah ini Anda dapat menggunakan fasilitas bawaan Windows, yaitu Disk Clean Up (Akses lewat menu Accessories) atau menggunakan aplikasi pihak ketiga, baik yang gratis ataupun berbayar. Untuk yang gratis, misalnya adalah CCleaner. Sedangkan untuk yang berbayar adalah Tune Up.
Catatan: Istilah file sampah ini hanya anggapan saya saja. Apapun file yang dibuat otomatis oleh sistem komputer pasti memiliki fungsi. Hanya saja mungkin fungsinya tidak terlalu penting. Oleh karena itu, saya sebut file sampah.

2. Uninstall aplikasi
Ada beberapa orang yang bangga karena memiliki banyak aplikasi. Dulu saya adalah salah satunya. Harapan saya adalah banyak aplikasi pasti akan meningkatkan kinerja komputer. Namun ternyata hal ini salah.
Banyak aplikasi justru akan memperlambat komputer. Aplikasi biasanya terinstall di drive tempat sistem operasi (Operating System / OS) berada. Umumnya di drive C. Jika drive tempat OS terlalu penuh, maka kinerja komputer jadi lambat.
Oleh karena itu sebaiknya Anda melakukan uninstall aplikasi yang tidak penting dan tidak pernah dipakai. Anda dapat melakukannya dengan fasilitas uninstall bawaan windows (lewat Control Panel) ataupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga (misalnya: revo uninstaller).

3. Bersihkan registry
Apa itu registry? Max Darmawan telah menuliskan panduan yang sangat bagus tentang windows registry. Silakan membacanya.
Tidak hanya di hard disk, registry juga sering dikotori oleh file-file sampah. Dalam registry, file-file ini disebut entry. Entry-entry sampah ini dapat terbentuk karena proses uninstall yang tidak sempurna sehingga menyisakan entry di registry. Entry tersebut tidak diperlukan lagi dan hanya akan memperlambat kinerja komputer.
Untuk menghapus entry-entry sampah ini, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner dan Tune Up.

4. Defragment hard disk
Perawatan komputer rutin lainnya yang harus dilakukan adalah defragmentasi hard disk.
Uninstall aplikasi dan menghapus file dapat menyebabkan hard disk terfragmentasi. Hard disk yang terfragmentasi akan mengakibatkan lambatnya pembacaan data. Ujung-ujungnya komputer jadi lambat.
Oleh karena itu perlu dilakukan defragmentasi. Untuk melakukan defragmentasi, Anda dapat menggunakan fasilitas bawaan Windows (lewat menu Accessories) atau pun aplikasi pihak ketiga (Misal: Tune Up).
Perawatan komputer di atas sebaiknya Anda lakukan secara rutin. Jika jarang Anda lakukan, maka komputer yang tadinya agak lambat akan menjadi sangat lambat.
Apakah ada perawatan komputer yang tidak saya sebutkan? Beritahukanlah agar saya dan rekan-rekan lain dapat mengetahuinya. 

Refrensi:http://maxdarmawan.blogspot com

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...