TOP NEWS

Disini Kami akan membantu Anda dalam mendapatkan Berita tentang Teknologi yang sedang Berkembang

468x60_id

Apa itu KiB, MiB, GiB (satuan kapasitas)

Beberapa waktu lalu, kita terbiasa menggunakan kata kB, MB, GB dll untuk menentukan besar kapasitas dari suatu perangkat penyimpanan (misalnya Harddisk atau Flashdisk).  Seperti diketahui, kB dan MB dibuat berdasarkan satuan kilo dan mega  yang dibuat oleh International System of Units, dalam satuan ini kilo dan mega menunjukan kelipatan 1000 dan dibuat bukan untuk menunjukan besaran data melainkan untuk menunjukan besaran bobot, arus, jarak dll. Karena itu penggunaan kB dalam komputer kurang tepat karena 1 kB bukan 1000 byte, melainkan 1024 byte.
Oleh karena itu dibuatlah satuan baru yang  menyatakan jumlah byte oleh International Electrotechnical Commision (IEC) pada tahun 1999 untuk menghindari kebingungan dan ketidakkonsistenan dalam menyatakan besar kapasitas data. Dimana saat ini menjadi jelas bahwa :

1 KiB (kibibyte) = 1024 byte

1 MiB (mebibyte) = 1024 KiB dll

note : bi disini artinya biner






Nah, ternyata saat ini juga sudah ada website untuk mengconvert antar satuan ini, salah satunya bisa dilihat di convertunits.com


 Nah… sekarang udah jelas kan ?? Jadi, jangan bingung lagi yah kalo suatu saat beli harddisk satu tera tulisannya 1 TiB dan bukan TB.

 

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...