TOP NEWS

Disini Kami akan membantu Anda dalam mendapatkan Berita tentang Teknologi yang sedang Berkembang

Cara Mempercepat Membuka Terminal


Kadang kita harus begitu banyak membuka Terminal sehingga agak menguras waktu untuk membukanya satu-satu via Application Menu. Namun, jangan berkeluh kesah! Ada beberapa alternatif cepat menuju Terminal. Seperti pepatah lama bilang, banyak jalan menuju Terminal.


1. Via Keyboard Shortcut Ubuntu Tweak

Ubuntu-Tweak adalah salah satu program yang lumayan powerful dan tampaknya umum digunakan. Dengan program ini, kita bisa memodifikasi key binding (sangkutan kunci) — maksudnya, kita bisa menjalankan program tertentu dengan memencet tombol tertentu (pilihan kita). Seperti di Windows, jika kita pencet logo Windows maka akan muncul Start Menu. Program ini ada di PPA default Ubuntu, jadi untuk mereka yang belum pernah menggunakan Ubuntu-Tweak sebelumnya bisa langsung menginstal dengan membuka Terminal (surprise…) dan memasukkan kode

sudo apt-get install ubuntu-tweak

Maka Ubuntu-Tweak akan langsung terinstal. Beberapa fitur di antaranya yang bisa Anda obrak-abrik sendiri nanti, tapi sementara ini, demi kesinambungan konteks, maka kita akan langsung menuju fitur Shortcut Commands. Oh ya, buat mereka yang belum yakin Ubuntu-Tweak itu sendiri adanya dimana setelah diinstal, ada di Applications > System Tools > Ubuntu Tweak.


Tampilan Ubuntu Tweak :



Kita akan langsung masuk ke bagian Personal, lebih tepatnya Shortcut Commands. Maka Anda akan menemukan jendela ini:


Jendela Shortcut Commands

Key di situ sudah dimodifikasi, karena screenshot ini mengambil dari sistem saya yang memang sudah saya modifikasi. Tapi command-nya saya hapus demi kelancaran. Maka kita bisa lihat di screenshot (skrinsut) di atas bahwa command seluruhnya bernilai None. Gampangnya, klik dobel di salah satu command (terserah, 1-12) lalu ketik

gnome-terminal

Dan di key, adalah shortcut yang Anda inginkan. Dobel-klik di key yang bersangkutan, lalu akan muncul dialog bertuliskan Please press the new key combination. Pencet shortcut yang Anda inginkan (misalnya Shift+Tab atau Shift+Alt+Z) lalu dialog tersebut akan hilang dengan sendirinya. Klik Quit. Untuk mencoba, langsung saja tekan shortcut yang Anda buat tadi!

2. Via Keyboard Shortcut CompizConfig Settings Manager

Jika Anda merupakan salah satu dari populasi amat kecil yang menginstal CompizConfig Settings Manager (CCSM) tapi tidak mau menginstal Ubuntu-Tweak, maka Compiz juga menyediakan sebuah opsi untuk membuat kombinasi shortcut untuk menjalankan sebuah program tertentu. Para freak Compiz (kebanyakan pengguna Compiz yang saya tahu bisa didefinisikan begitu) biasanya sudah tahu akan hal ini, tapi ini adalah sebuah artikel tips & trik, jadi saya akan lanjutkan. Di halaman depan (paling depan, ketika kita membuka CCSM langsung tampak) ada kategori General:


Klik pada “Commands”. Maka Anda akan dibawa ke tab Commands. Seperti di Ubuntu-Tweak, ada 12 slot yang bisa Anda gunakan, tinggal dipilih salah-satu, lalu masukkan

gnome-terminal

ke slot yang menjadi pilihan Anda. Setelah itu, pindah tab ke Key Bindings, lalu di sebelah kanan Run Command yang bersangkutan ada tombol yang saat ini bertuliskan Disabled. Pilih yang bersangkutan dengan slot yang Anda pilih sewaktu di tab sebelumnya, lalu klik pada tombol tersebut. Anda akan dibawa ke dialog hanya berisikan satu checkbox, yaitu Enabled. Klik checkbox tersebut maka Anda akan dibawa ke dialog berikut ini:


dan klik Grab key combination. Anda akan diminta memasukkan kombinasi shortcut yang anda inginkan, lalu kembali ke dialog di atas. Klik OK, tutup CCSM, dan coba jalankan shortcut yang telah Anda buat. Wala!

3. Via GUAKE! Terminal

Saya sudah bilang, banyak jalan menuju Terminal. Memang banyak. Meskipun berliku, melelahkan dan…

Opsi selanjutnya adalah GUAKE! Terminal. GUAKE! Terminal adalah aplikasi yang bisa diunduh langsung melalui Ubuntu Software Center (di bagian Accessories)atau melalui Terminal:

sudo apt-get install guake

Ketika sudah terinstal, coba pencet F12 untuk menjalankannya. Jreng! Namun sayangnya, GUAKE! Terminal tidak langsung berjalan ketika komputer dinyalakan. Untuk memperbaiki ini, buka System > Preferences > Startup Applications lalu di Additional startup programs:, cek entri “Guake Terminal”. Ketika Anda restart/menghidupkan kembali komputer, program ini akan langsung berjalan.

Masih banyak lagi cara lain untuk menuju Terminal, bisa juga lewat GNOME Do. Tapi GNOME Do adalah program launcher lain yang fungsinya jauh lebih luas dari sekedar meluncurkan Terminal. Bisa juga oprek-oprek sedikit di Ubuntu Software Center.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...