TOP NEWS

Disini Kami akan membantu Anda dalam mendapatkan Berita tentang Teknologi yang sedang Berkembang

Jepang Tempat Dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia


Kansas City, Amerika Serikat merupakan Wilayah dengan kecepatan Internet tercepat di Dunia dengan jaringan yang disediakan oleh Google fiber. Kecepatan yang di berikan Google Fiber kepada wilayah Kansas City hingga 1Gbps.

Namun saat ini Rekor tersebut telah dikalahkan oleh layaanan jaringan internet yang berasal dari Jepang, yaitu So-net. Perusahaan ini merupakan anak cabang dari raksasa teknologi Sony, yang memang khusus menyediakan jaringan berbasis fiber optic yang dinamakan “Nuro”. Layanan ini semantara baru bisa dinikmati oleh pengguna yang berada di Tokyo, Jepang.

Jaringan So-net dengan Nuro-nya memberikan kecepatan hingga 2Gbps yang tidak hanya mengalahkan Google Fiber, namun meninggalkannya hingga 2kali lipat.

Untuk menyediakan layanan Nuro ini, So-net menggunakan jaringan Gigabit-capable Passive Optical Network (GPON) yang dimiliki Jepang yang disebut-sebut mampu melayani transfer data dengan kecepatan sangat tinggi atau mencapai 2,488 Gbps untuk downstream. Kelebihan dari layanan internet tercepat di dunia yang disediakan oleh So-net ini tidak hanya dari kecepatannya saja, tetapi juga biaya langganannya yang relatif murah. Untuk dapat merasakan kecepatan internet super tersebut, pengguna hanya perlu membayar Rp 490.000 atau $ 50 per bulannya. Tarif ini lebih murah dari yang dipatok Google Fiber sebesar $ 70 per bulan untuk menikmati layanannya.

Namun meskipun biaya bulanannya tebilang murah, namun seperti dilansir Tech Spot, pengguna terlebih dahulu harus membayar biaya instalasi jaringan sebesar $ 540. Biaya yang cukup besar tersebut diperkirakan digunakan untuk memasang kabel fiber optic hingga ke rumah pengguna. Sedangkan dalam layanan Google Fiber, biaya tersebut tidak ada karena sudah ditanggung oleh pihak operator. Kontrak yang diwajibkan oleh So-net juga lebih lama, yaitu 2 tahun, sedangkan untuk Google Fiber pelanggan minimal hanya harus melakukan kontrak selama 1 tahun.


Kapan ya di Indonesia bisa memiliki kecepatan Internet secepat itu dan tentunya dengan harga yang terjangkau.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...