TOP NEWS

Disini Kami akan membantu Anda dalam mendapatkan Berita tentang Teknologi yang sedang Berkembang

Cara Memperbaiki VGA yang Rusak


VGA (Video Graphics Adapter) berfungsi untuk menerjemahkan tampilan ke layar monitor. Dari beberapa informasi bahwa kerusakan pada vga card terjadi disebabkan oleh faktor suhu panas yang berlebihan. Maka sangat disarankan untuk tetap menjaga performa pendingin pada laptop atau Pc komputer agar umur pakai dari perangkat tersebut lebih panjang dan stabil.

Cara Memperbaiki VGA yang Rusak

Prinsip Kerja :
Vga akan dipanaskan dalam suhu tertentu, dengan asumsi kerusakan Vga disebabkan oleh bola-bola timah pada kaki Ic yang sudah tidak bekerja dengan baik. Dengan pemanasan diharapkan akan kembali memaksimalkan fungsi dari timah- timah tersebut.

Hal ini seharusnya akan lebih maksimal jika menggunakan Oven listrik, namun bagi yang tidak memilikinya dapat menggunakan tehnik berikut.

Bahan yang diperlukan Untuk Memperbaiki VGA:
1. Vga laptop yang bermasalah/rusak
2. Cairan Siongka/Flug. Berupa cairan yang berbahan damar biasa digunakan pada tehnisi handphone untuk melumasi Ic yang dipanaskan. Bisa dibeli ditoko-toko repair ponsel.
3. Rantang atau mangkok besi/panci sebagai tempat memanaskan VGA
4. Kompor Gas
5. Alumunium Foil dari kertas rokok.

Langkah Cara Memperbaiki VGA yang Rusak :

1. Siapkan bola-bola dari alumunium foil, hal ini dimaksudkan untuk memberi jarak antara lantai panci dengan Vga. Beri alas bola-bola tersebut pada keempat sudut Vga yang akan dipanaskan.
2. Lumasi seluruh bagian Vga terutama dibawah IC dengan cairan Siongka/Flug. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah pencairan timah serta melindungi komponen Vga dari panas berlebih.
3. Masukkan Vga yang telah diberi cairan siongka/flug serta telah dialasi dengan bola-bola alumunium foil kedalam panci.
4. Lakukan pemanasan dengan kompor gas, pada proses ini sangat memerlukan kehatihatian. Jika gagal Vga akan terbakar. Lakukan pemanasan dengan durasi 3 menit awal. kemudian coba pasang pada perangkat dan lihat hasilnya.
Jika belum memberikan hasil coba kembali dengan menambah durasi pemanasan lebih lama, mulai dari 3 menit, 4 menit, 5 menit.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...